Lowongan Kerja BUMN Terbaru

Lowongan Kerja BUMN Terbaru

Iklan Lowongan Kerja: Selamat datang di siloker info lowongan kerja BUMN terbaru hari ini lengkap dengan persiapan melamar kerja di perusahaan BUMN, mengetahui tahapan seleksinya, serta tips dan cara menghadapi soal psikotes BUMN. Lowongan Kerja BUMN Terbaru hari ini. Gak perlu pake calo sob.. Simpan baik-baik duit anda karena tanpa duit pun sebenarnya kita memiliki peluang besar untuk bisa lolos seleksi Lowongan Kerja BUMN Terbaru asal mau mempelajari dan mempraktekan tips dan trik agar lolos seleksi test bumn. Jangan lupa untuk baca juga postingan: contoh soal psikotes bumn dan jawabannya terlengkap dan terbaru

Kembali ke ulasan lowongan kerja BUMN terbaru, yang pertama adalah Persiapan Melamar Kerja Ke Perusahaan BUMN, mengetahui tahapan seleksinya, serta tips dan cara menghadapi soal psikotes bumn.


Postingan ini sangat penting sekali sob, jadi tolong dibaca pelan2, dihayati, lalu di praktekan, sehingga nanti tidak menjadi sia-sia! 

Jika tidak sabar ingin membaca info lowongan kerja BUMN terbaru, silahkan langsung scroll kebawah.

Persiapan Melamar Kerja Ke Perusahaan BUMN

Persiapan Mental
Siapkan diri anda sebelum mengikuti seleksi lowongan kerja BUMN untuk bersaing dengan ratusan orang dari berbagai daerah di Indonesia. Karena setiap perusahaan BUMN akan membuka lowongan pekerjaan, dipastikan ribuan pelamar akan berlomba – lomba untuk menarik simpati HRD di perusahaan BUMN tersebut pada surat lamaran pekerjaan nya.

Melamar di Situs Resmi
Setiap perusahaan BUMN biasanya sudah memiliki website / situs resmi khusus untuk merekrut para pelamar kerja, jarang sekali / sangat sedikit perusahaan BUMN membuka lowongan kerja di situs web lowongan kerja karena mungkin pertimbangan keamanan bagi si pelamar, silahkan baca: Website Lowongan Kerja Terpercaya, eh.. penipu di belakangnya! Cara melamar pekerjaan melalui website BUMN pun sangat mudah, cukup isi form lamaran di website resmi dengan baik dan benar dan lampirkan berkas – berkas yang diminta untuk dilampirkan.

Perhatikan Info Job Fair
Selain melalui situs web lowongan kerja BUMN juga biasanya akan membuka job fair. Job fair tersebut biasanya akan digelar di beberapa kampus atau perguruan tinggi. Untuk mengikuti job fair Anda harus mengisi lamaran secara online di situs resmi perusahaan.

Ikuti Seleksi Online
Ikuti tes tertulis yang biasanya dilakukan secara offline maupun secara online. Saat mengikuti tes ini, masukkan data secara lengkap dan penuhi semua persyaratan dengan baik.

Persiapan Tes Interview
Setelah lulus tes tulis, maka Anda akan dipanggil untuk melakukan interview. Siapkan diri Anda untuk mengikuti tes wawancara di perusahaan BUMN ini. Jawablah pertanyaan dengan jelas dan jangan gugup supaya bisa diterima di perusahaan BUMN.

Memahami Tahapan Seleksi Lowongan Kerja BUMN

1. Seleksi Administrasi
Seleksi ini merupakan tahapan yang paling umum di setiap perusahaan. Dalam tahapan ini, kamu diminta mengumpulkan berkas lamaran berupa CV, cover letter atau surat motivasi, serta berkas-berkas lain sesuai persyaratan. Hampir semua BUMN maupun non BUMN mengadakan tes ini sebagai rangkaian awal seleksi.

Seleksi BUMN untuk fresh graduate biasanya diprogram khusus pada waktu tertentu, bekerjasama dengan lembaga karir dan universitas pada sebuah event khusus untuk menjaring bibit unggul di beberapa universitas unggulan. Ada pula yang membuka e-recruitment pada waktu-waktu tertentu di website resmi perusahaan. Jadi, kandidat hanya perlu upload berkas administrasi pada laman tersebut sebelum dipanggil ke tahap selanjutnya.

Kunci mengikuti seleksi ini hanya satu, stay update! Pantau terus informasi karir dari kampusmu atau lembaga-lembaga career center terdekat. Selain itu, rajin-rajinlah memantau website resmi BUMN incaranmu, di tautan laman bumn.go.id. Siapa tahu perusahaan sedang membuka e-recruitment.

2. Tes Tertulis
Tahap ini yang cukup panjang dan bervariasi di tiap perusahaan. Ada BUMN yang mengadakan 3-4 tahap tes tertulis, ada yang dua tahap saja. Berikut adalah ragam tes tertulis BUMN:

  • GAT (General Aptitude Test). Tes ini tujuannya untuk menguji kemampuan dan bakat calon karyawan, di samping itu juga mengukur IQ. Biasanya soal-soal yang diberikan berupa numerik, linguistik, logika, dan pengetahuan umum. Kunci sukses tes ini, banyaklah belajar dari contoh-contoh soal GAT. Sewaktu mengerjakan harus fokus agar bisa mengerjakan dengan maksimal.
  • Tes akademik. Bertujuan untuk menguji kompetensi kandidat di bidang studi yang dikuasai. Selain itu, untuk mengetahui kedalaman pengetahuan terkait jobdesc posisi yang akan dilamar. Misalnya untuk posisi akuntan, tes akademik yang diberikan berupa soal-soal mengenai akuntansi. Sedangkan untuk calon staf teknis, tes akademik berkaitan dengan bidang teknik atau engineering.
  • Psikotes. Tes ini cukup umum digunakan di berbagai perusahaan. Hampir semua BUMN mensyaratkan psikotes untuk rekrutmen terbuka. Selain menguji kemampuan intelegensi secara umum, psikotes juga memiliki aspek untuk menguji kepribadian kandidat. Jika ingin sukses di tahap ini, ada baiknya kamu mempelajari contoh-contoh dan kiat sukses psikotes yang telah banyak dibukukan.
  • Tes Bahasa Inggris. Sebagai perusahaan yang bersaing secara nasional dan internasional, karyawan BUMN kebanyakan disyaratkan memiliki nilai plus menguasai bahasa internasional yakni bahasa Inggris. Tahap tertulis ini akan mengetes kemampuan bahasa Inggris secara tertulis, dan terkadang diadakan dalam bentuk tes TOEFL.


3. Seleksi Wawancara
Tahap inilah yang paling membuat grogi para pelamar kerja. Di sini kamu harus bisa meyakinkan perusahaan tentang kualitas pribadimu, dan bahwa kamu layak dipilih sebagai calon karyawan. Biasanya tes wawancara BUMN dilakukan antara 2-3 tahap, yang umum dikenal adalah wawancara HR dan wawancara user.

Di BUMN ada yang mensyaratkan wawancara dengan cara presentasi individu kemudian dilanjutkan presentasi di hadapan direksi, seperti misalnya di perusahaan PT Pupuk Kujang. Sedangkan pada Bank BRI ada tiga lapis wawancara yakni wawancara awal, wawancara psikolog, dan wawancara akhir. Adapula FGD, sejenis wawancara tapi dilakukan dengan diskusi kelompok. Di beberapa BUMN, kemampuan bahasa Inggris lisan bisa jadi akan diuji dalam tahap ini. Jadi kamu harus belajar memperkenalkan diri dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris ya.

4. Tes Kesehatan
Tes kesehatan biasanya dilakukan di tahap akhir seleksi masuk perusahaan dengan cara medical check up. Nah, di BUMN, tahap ini tidak bisa dianggap enteng. Seperti telah diungkapkan, segala biaya kesehatan karyawan menjadi tanggung jawab perusahaan kelak. Juga di beberapa BUMN, karyawan wajib bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan terjun ke lapangan. Jadi, tes ini sangat krusial untuk memastikan karyawan dapat bekerja dengan prima.

Medical check up BUMN biasanya dilakukan dengan detil. Sri Muliati Abdullah, S. Psi, M.A, kembali mengungkapkan, ada BUMN yang menggunakan paket khusus medical check up bernilai jutaan untuk memastikan secara fisik kandidatnya tak memiliki masalah apapun. Bahkan, terkadang juga dilakukan uji ketahanan fisik dengan cara melakukan jenis olahraga tertentu seperti berlari atau berenang.

5. On The Job Training
Tahap ini bervariasi di tiap BUMN dengan nama yang beragam pula. Namun umumnya sebelum diangkat menjadi karyawan tetap, kandidat yang lolos seleksi akan menjalani waktu tiga bulan sampai satu tahun untuk bekerja sekaligus training. Pada akhir training akan dilakukan evaluasi oleh perusahaan. Perusahaan akan memutuskan sesuai kinerja calon karyawan selama periode tersebut, apakah ia layak untuk tetap dipekerjakan atau tidak.

Tips, trik, dan cara menghadapi soal psikotes BUMN

Dalam tahapan test seleksi persyaratan masuk BUMN, peserta akan diberikan beragam jenis tes persyaratan masuk bumn. Di setiap pembukaan lowongan kerja bumn terbaru, soal tes akan dibuat berbeda dan bervariasi dari soal tes persyaratan masuk bumn sebelumnya. Namun secara garis besar jenis tes yang selalu di gunakan. Berikut ini contoh jenis soal psikotes bumn disertai bagaimana cara menyelesaikanya.

General Aptitude Test (GAT)
Test ini soal-soalnya berisikan dengan pola-pola yang menguji kecerdasan intelektual kita baik dari segi ketelitian maupun tahan terhadap tekanan karena dalam test ini kita harus berhadap dengan waktu yang telah ditentukan dengan panitia penerimaan. seumpama dalam waktu 5 menit kita telah selesai mengerjakan soal sebanyak 20 bahkan 50 soal. Soal yang keluar dalam test ini dalam bentuk soal deret angka, aritmatika dasar, sinonim, antonim, analogi, dan pola gambar. Ingat anda harus focus dengan soal dan aba-aba dari panitia jangan mengabaikannya serta jauhi dari melihat sekeliling anda atau bahkan menyontek. Usahalah dan jawab dengan kemampuan kamu. Kemudian sering-sering latihan mengerjakan tes bakat skolastik. Cari buku dan contoh soal sebanyak-banyaknya sehingga Anda dapat melatih mengerjakan soal ini dengan baik dan cepat.

Test Akademik Dan Bahasa Inggris
Pada test ini soal yang akan dipaparkan mengenai test akademik adalah soal yang ebrupa posisi anda test saat itu seumpama posisi anda berhubungan dengan jurusan akutansi maka soalnya tentang keuangan dan jika jurusan anda teknik sipil maka pertanyaannya berupa simulasi proyek dan sejenisnya, begitu juga dengan jurusan lain. Kemudian untuk test bahasa inggris soal yang keluar kebiasaanya berhubungan dengan Test TOEFL, maka kuasai dan pelajarilah pola-pola Test Toefl. Maka tips untuk menjawab test ini adalah belajarlah dan asahlah sedini mungkin agar tidak terkendala ketika menjawa. Seperti kata golden word “semakin pisau diasah maka semakin tajamlah dia” .

Psikotest
Soal Psikotest ada beberapa tahapan yang kebiasaan dilaksakan dalam seleksi yaitu :

  1. Tes numerik (menggunakan logika dalam menjawab), dalam test ini kerjakan sebisa mungkin, jangan menyontek, focus dengan jawaban karena waktunya yang diberikan cukup singkat. Ingat kerjakan yang mudah dulu, dalam test ini grafik yang dihasilkan itu yang menjadi pembanding reviewer.
  2. Tes pauli/tes Koran (kumpulan angka dalam kertas ukuran A4) kerjakan sesuai dengan aba-aba antara garis dan stop, ingat jawablah dengan tenang dan focus karena test ini bakal menyedot perhatian penuh, Usahakan jawab stabil jangan naik turun.
  3. Tes papi (tes moral) dalam test ini anda hanya akan menjawab pilihan A dan B dengan jawaban tanda panah atas atau bawah, Test ini lebih kepada penilaian karakter diri kita jadi jawablah dengan jujur dan jangan berbohong. karena jawaban anda sangat berpengaruh dengan karakter yang anda miliki.
  4. Tes gambar, mengenai tes ini anda akan diberikan 3 lembar kertas yang dari ketiga lembarnya itu akan anda pergunakan diantaranya pada lembar pertama anda diberikan titik dan harus melengkapinya menjadi sebuah gambar jawablah gambar ini menjadi kesatuan yang berhubungan, pada lembar kedua anda diperintahlan untuk menggambar orang dan dilembar ketiga anda diperintahlan untuk menggmbar pohon. Untuk orang Gambarlah secara detail, mulai dari tangan, kaki, aksesories yg digunakan, dll. Untuk menggambar pohon, gambar pohon yang besar, jangan lupa secara detail, mulai dari daun, buah, batang, akar, tanah, dll. Total waktu yang diberikan sekitar 10 menit untuk menyelesaikan semuanya.

Test Fisik Dan Kesehatan
Dalam tes ini lebih kepada kesehatan tubuh kita baik dalam hal harus berlari 13 menit mengitari lapangan sebanyak mungkin minimal 10 putaran, pemeriksaan kondisi tubuh, mata, telinga bahkan organ dalam tubuh serta tes naik tangga jika itu test PLN. Maka untuk tes ini anda jangan terlalu lelah dan bergadang malam, kondisikan tubuh anda secara fit sebelum tes ini dilaksakan dan jangan lupa olahraga rutin agar tubuh dan jantung dapat beraktifitas dengan baik serta jaga kesehatan dan kebugaran fisik anda.

Test Wawancara
Seputaran pertanyaan pada test ini adalah lebih dari karakter diri dan pemahaman terhadap perusahaan serta jabatan yang kita lamar. Ketika wawancara harap memperhatikan cara berpenampilan! Gunakan pakaian yang sopan dan sikap anda menujukkan etika professional sebagai calon karyawan. Pada kebiasaan pertanyaan yang diberikan saat wawancara kerja itu mengenai hal-hal diri dan perusahaan kita, dan berikut contoh pertanyaan wawancara yang bisa anda pelajari:

  1. Bagaimana anda menggambarkan diri anda ? jawablah mulai dari perkenalan diri baik hal nama, pendidikan terakhir, jumlah saudara, kelebihan, kelemahan dan peluang kedepan, aktivitas selama ini, dan hal sejenisnya yang berhubungan dengan diri anda. Jelaskan secara jelas, terarah dan sesuai dengan etika.
  2. Dari siapa saudara mengetahui informasi seputaran perusahaan kami? untuk jawaban ini jujurlah dalam menjawabnya jangan ada dusta dan kebohongan dalam penyampaiannya.
  3. Apa yang anda ketahui dari perusahaan kami? baca dan telusuri dengan lengkap perkembangan dari perusahaan ini baik dari sejarah, prestasi maupun eksistensi bisnis perusahaan.
  4. Mengapa anda melamar diperusahaan kami? berikan gambaran bahwa anda benar-benar menyukai pekerjaan diperusahaan anda lamar dengan pembuktian alasan-alasan yang jujur tapi bisa diterima oleh setiap viewer.
  5. Apa saja prestasi yang pernah anda raih ketika bekerja diperusahaan/disekolah? sampaikan sesuai bukti dan kebenaran yang ada.

Demikian info lengkap lowongan kerja bumn terbaru yang barusan kita ulas, mulai dari persiapan melamar kerja di perusahaan BUMN, mengetahui tahapan seleksinya, serta tips dan cara menghadapi soal psikotes bumn.

Untuk info selanjutnya, siloker akan share lowongan kerja bumn terbaru. Silahkan dibaca lowongan bumn terbaru pada relatet post dibawah ini, syukur-syukur di share ke sosmed sob.. mudah-mudahan kita lolos semua mengikuti tahapan seleksi tes lowongan kerja bumn..
Dapatkan update loker via Facebook dengan bergabung di grup: Lowongan Kerja Updates

Info Lowongan Kerja Terbaru :

Share this:

Terimakasih telah mengunjungi Siloker. Semoga info lowongan kerja BUMN berjudul Lowongan Kerja BUMN Terbaru 2017 diatas bermanfaat. Silahkan share dengan menekan tombol share atau silahkan copas url berikut ke sosmed: http://www.siloker.info/2017/02/lowongan-kerja-bumn-terbaru.html. Salam sukses!

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments