Sejarah PT Astra Daihatsu Motor

Siloker.info Sejarah berdirinya PT Astra Daihatsu Motor, artikel yang cukup informatif sehingga bisa di jadikan referensi jika sobat siloker sedang mengikuti test interview lowongan kerja PT ADM. Sejarah PT Astra Daihatsu Motor yang di tulis dalam postingan ini bukan sejarah terciptanya mobil daihatsu ya sob.... karena PT Astra Daihatsu Motor sendiri memang dulunya hanya sebagai distributor kendaraan bermerek daihatsu. Oke, untuk lebih detailnya silahkan baca Sejarah PT Astra Daihatsu Motor di bawah ini yang siloker kutip dari: http://forum.solusisahabat.com/showthread.php?621-Sejarah-Daihatsu-di-Indonesia
Sejarah PT Astra Daihatsu Motor
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali sejarahnya pada tahun 1973. Pada tahun 1973, Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia. Pada tahun 1976, PT Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.

PT Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd. dan Nichimen Corporation bersama-sama mendirikan pabrik pengepresan plat baja, PT Daihatsu Indonesia pada tahun 1978. Kemudian pada tahun 1983, pabrik mesin PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan. Pada tahun 1987, PT Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT Astra International. Kemudian pada tahun 1992, PT Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan yaitu PT Daihatsu Indonesia, PT Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia dan PT National Astra Motor. Untuk lebih detailnya mari ikuti milestone PT Astra Daihatsu Motor di bawah ini.

1973 - Astra mendapatkan hak untuk mengimpor kendaraan Daihatsu ke Indonesia
1976 - PT. Astra International ditunjuk menjadi agen tunggal, importir dan distributor tunggal kendaraan Daihatsu di Indonesia.
1978 - Pabrik pengepresan plat baja, PT. Daihatsu Indonesia didirikan sebagai perusahaan patungan PT. Astra International, Daihatsu Motor Co., Ltd dan Nichimen Corporation.
1983 - Pabrik mesin, PT. Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia (DEMI) didirikan.
1987 - PT. Nasional Astra Motor didirikan sebagai agen tunggal dan pengimpor kendaraan Daihatsu menggantikan posisi PT. Astra International.
1992 - PT. Astra Daihatsu Motor didirikan melalui penggabungan 3 perusahaan, yaitu PT. Daihatsu Indonesia, PT. Daihatsu Engine Manufacturing Indonesia, dan PT. Nasional Astra Motor.
1996 - Pabrik pengecoran aluminium dibangun di KIIC, Karawang, Jawa Barat.
1998 - Pembelian pabrik perakitan dari PT. Gaya Motor, sejak saat itu ADM memiliki 4 pabrik, yaitu pabrik pengepresan plat baja, mesin, pengecoran aluminium, dan perakitan.
2004 - Kolaborasi strategis Toyota - Daihatsu dicanangkan melalui peluncuran Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza di Indonesia.
2005 - Produksi Daihatsu mencapai 1 juta unit kendaraan.
2007 - Peningkatan kapasitas produksi menjadi 211.000 unit per tahun.
2008 - Ekspor perdana Gran Max ke pasar Jepang.
2009 - Daihatsu mencapai peringkat "Good Performance" dalam Indonesian Quality Award 2009 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2010 - Produksi Daihatsu mencapai 2 juta unit kendaraan.
2011 - ADM mencapai peringkat "Emerging Industry Leader" dalam Indonesia Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2011 - ADM memperoleh "Gold Achievement Award", merupakan "The Biggest Score Improvement" dalam Indonesian Quality Award 2011 yang berbasis Malcolm Baldridge Criteria for Performance Excellence.
2011 - ADM memperoleh "Astra Award 2011"
2012 - Daihatsu memperoleh "Service Quality Award (SQA) 2012" dari Majalah Service Excellence dan Carre - Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL)
2012 - Daihatsu memperoleh "World Class Quality Achievement (WQA) Award 2012 dari Majalah SWA dan PT. MARS Indonesia.