Cara Mudah Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja

Cara Mudah Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja

Iklan Lowongan Kerja: Bagaimana cara compress foto atau dokumen lamaran kerja sebelum dikirimkan via email? Ternyata ada cara super mudah yang tidak terbesit dalam benak pikiran kita sob.. salam super.. hahaha.. Sekarang kalian gak usah pusing mikirin cara compres lamaran kerja, harap maklum.. kalo ga dibatasin mah bisa-bisa perusahaan tekor bandwith... hehe Oya... alangkah baiknya baca postingan siloker yang lalu yaitu:


Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk mengirim lamaran kerja via email biasanya perusahaan mematok tak lebih dari 300KB untuk mengirim email lowongan kerja. Kita berhitung sebentar yuk..

Ada berapa dokument yang kita butuhkan untuk di scan? siloker ambil yang paling penting saja ya..? kira-kira ada 6, terdiri dari:

  1. KTP
  2. Ijazah
  3. Paklaring
  4. SKCK
  5. Surat Keterangan Sehat
  6. Pas foto 4x6

Rata-rata hasil scan per dokument adalah 50KB, jadi kalo ada 6 dokument tinggal dikalikan saja = 300KB, lah..? udah habis donk..?? Untuk Surat lamaran..?? Daftar Riwayat Hidup? Sertifikat? Yah.... jadi banyak bingitz... Lalu bagaimana caranya agar kita bisa tetap mengirim lamaran kerja via email dengan lampiran dokumen seabrek tapi tetap tidak lebih dari 300KB..?? Berikut ini Cara mudah bin gampang mengkompress Foto / Dokumen lamaran kerja:

Proses Scan (cara pertama Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja)
Sebenarnya saat proses scan dokumen, pasti ada pilihan untuk kualitas hasil scan biasanya terdiri dari rendah, sedang, dan tinggi. Sobat siloker bisa pilih option yang pertama saja (rendah). Option ini sudah pasti menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi kecil, kurang sedap dipandang, namun kapasitasnya cukup mungil sehingga sobat siloker tidak perlu melakukan compress. Namun untuk cara ini siloker not recomended yah.... karena dengan kualitas gambar yang rendah kita jadi gak bisa ngapa-ngapain lagi tuh gambar.., yuk ke alternatif lain...

2. Proses compress (cara kedua Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja)
Nah... ini cara alternatif yang kita tunggu-tunggu.... Caranya..?? Baca baik-baik yah.... Pertama-tama kita scan dokument (pakai alat scanner) dengan pilihan hasil gambar "Tinggi" (paling bagus) dengan format ".jpg" bisa di tukang scan atau pake alat scan sendiri....Jangan lupa simpen di satu folder ya.. biar rapi.. Sekarang saatnya ke proses inti, Cara Mudah Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja .

Alat yang kita butuhkan adalah seperangkat komputer, Program Microsoft Office Picture Manager (siloker menggunakan office 2010) gak beda jauh ama office 2007. Yuk mari dilanjut caranya...

a. Pilih terlebih dahulu dokumen mana saja yang anda compress (untuk memudahkan buat folder baru untuk foto yang akan di compress)
b. Klik kanan pada foto, terus open with, pilih Microsoft Office Picture Manager
c. Pada bilah atas ada tab "Edit Pictures" silahkan di klik.. jangan malu-malu ya... :-)
d. Pada bilah kanan carilah tab "Resize" sekali lagi ga usah malu-malu silahkan di klik...
e. Centang pada tulisan "Percentage of original width x height, lalu isi 50% (gak harus 50% ya... cari seminimal mungkin yang penting gambar masih bisa dilihat dengan jelas)
f. Klik "OK" lalu simpan dengan klik "File, Save As"
g. Selesai....

NB: Pada point d diatas, sebenarnya ada juga pilihan "Compress Picture" Tapi siloker ga recomended coz kita ga bisa milih sesuka hati seberapa persen yang akan kita compress...

Selamat mencoba.... mudah-mudahan postingan "Cara Mudah Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja" diatas bermanfaat untuk sobat siloker semua...
Dapatkan update loker via Facebook dengan bergabung di grup: Lowongan Kerja Updates

Info Lowongan Kerja Terbaru :

Share this:

Terimakasih telah mengunjungi Siloker. Semoga info lowongan kerja Tips Kerja berjudul Cara Mudah Compress Foto / Dokumen Lamaran Kerja 2017 diatas bermanfaat. Silahkan share dengan menekan tombol share atau silahkan copas url berikut ke sosmed: http://www.siloker.info/2014/09/cara-mudah-compress-foto-dokumen-lamaran-kerja.html. Salam sukses!

Add your comment
Hide comment

Disqus Comments