Waspada Lowongan Kerja Penipuan (FIKTIF !!)

Siloker waspada lowongan kerja penipuan FIKTIF !! Kini sepak terjang penipuan berkedok lowongan kerja semakin meluas. Banyak cara yang di pergunakan untuk menipu calon korban, salah satunya dengan menyuruh korban mentransfer sejumlah uang untuk keperluan transportasi dan akomodasi. Bagi sobat siloker yang pernah ditawari untuk bekerja di salah satu perusahaan besar namun diwajibkan untuk mengikuti test di tempat yang sangat jauh, disuruh bayar uang transportasi dahulu lebih baik abaikan saja... Kenapa demikian..?? Baca terus ulasan "Waspada Lowongan Kerja Penipuan (FIKTIF !!)" di bawah ini..

Waspadai lowongan kerja fiktif yang dibuat komplotan penipu dengan mengatasnamakan perusahaan besar, antara perusahaan minyak dan gas (migas), perusahaan pertambangan emas dan perusahaan besar lainnya. Komplotan penipu berkedok lowongan kerja fiktif pada perusahaan besar memanfaatkan ketertarikan dan keluguan pelamar untuk mendapatkan gaji besar. Untuk menjebak korbannya, penipu biasanya menjaring korban dengan memasang iklan lowongan kerja di situs-situs lowongan kerja, via email, atau mengirimkan SMS lowongan kerja secara massal lewat jasa pengirim SMS massal yaitu http://www[dot]smscaster[dot]com. Harapan penipu adalah ada yang tertarik dengan informasi lowongan kerja tersebut dan kemudian mengirimkan lamaran ke alamat email yang sudah dipersiapkan, email yang dipergunakan pun email fiktif.

Jika ada korban tertarik dan mengirimkan lamaran pada alamat email penipu, maka penipu akan mengirimkan email balasan yang berisi bahwa pelamar memenuhi kualifikasi untuk ikut tes. Dan dalam lampiran panggilan tes tersebut pelamar diwajibkan untuk mengkonfirmasi kehadirannya ke nomor HP penipu dengan format yang telah disebutkan dalam lembaran panggilan tes. Selanjutnya penipu juga mewajibkan pelamar untuk melakukan reservasi tiket pada jasa travel yang ditunjuknya (biaya transportasi dan akomodasi), biasanya menggunakan Angkasa Tour & Travel, Astindo Tour & Travel, Prima Travel dan lain sebagainya. Dalam reservasi tiket tersebut, penipu menyuruh pelamar untuk mentransfer biaya transportasi dan akomodasi ke rekening penipu (rekening pribadi, bukan rekening atas nama perusahaan yang dicatutnya). Rekening yang digunakan penipu adalah fiktif agar sulit diringkus polisi.

Untuk meyakinkan pelamar, penipu mengatakan bahwa biaya transportasi dan akomodasi akan diganti setelah tes selesai (aneh dan jelas kelihatan letak penipuannya). Jika ada pelamar yang tertarik dengan iming-iming gaji besar dan mentransfer biaya transportasi dan akomodasi ke rekening penipu, maka sukseslah pelamar menjadi korban penipu berkedok lowongan kerja. Uang pelamar lenyap, pekerjaan pun tak dapat. Umumnya penipu tengik berkedok lowongan kerja, mencatut nama perusahaan - perusahaan besar, oleh karena itu waspadalah...!! Jangan terlalu percaya dengan info lowongan kerja yang mengharuskan mentransfer sejumlah uang apapun itu alasanya!!

4 Responses to "Waspada Lowongan Kerja Penipuan (FIKTIF !!)"

  1. Pernah nyaris ketipu tuh. Ngomong2 nya dari siloam hospital tp suruh tes d bali. Padahal kalo tesnya siloam d kantor pusat yg d jakarta. Mana ngeyel banget sampe malsa saya harus ikut atau transfer sampe d ancam mo d laporkn polisi krna main2in mereka. Yah saya juga ga peduli, toh saya memang tau karena saat itu saya bekerja d lingkungan para dokter yg notabene lebih akurat infonya..

    BalasHapus
  2. oke guys thank's yah atas infonya,alhamdulilah bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas rizal... terimakasih telah mengunjungi siloker....

      Hapus
  3. siloker ini akurat kan info lowonganya ??

    BalasHapus