Bahaya Jika Sering Rontgent

Sebenarnya bahaya apa gak sih kalo kita sering melakukan rontgent..?? Bahaya jika sering rontgent, Pertanyaan seperti ini sering muncul di benak kita ketika mengikuti seleksi tes kesehatan. Minggu kemaren baru saja melakukan rontgent untuk tes lowongan kerja di perusahaan "A", masak besok masih harus mengikuti test rontgent lagi untuk ikut tes seleksi di perusahaan "B"..?? Apa gak berbahaya ?

Bahaya atau tidak nya jika sering melakukan rontgent memang ramai diperbincangkan. Kebanyakan orang menganggap bahwa jika sering rontgent ( sebulan sampai 2 kali ) memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Ini bisa dimaklumi karena didalam Rontgent terdapat radiasi sinar X yang dapat merusak sel-sel tubuh kita.

Masih takut melakukan rontgent..?? Sebelumnya siloker kasih sedikit kutipan yang diambil dari: http://masmoedji.wordpress.com/tag/bahaya-radiasi/

Berikut kutipanya:
Meskipun radiasi jelas berbahaya dan tidak boleh disalahgunakan, namun kita tidak perlu terlalu cemas jika akan melakukan pemeriksaan rontgen. Dosis radiasi yang digunakan untuk pemeriksaan rontgen DIAGNOSTIK ( rontgen dada, Sinus, Perut, kaki, tangan dan kepala serta tulang belakang ) cenderung aman untuk dilakukan. Sebenarnya secara tidak sadar setiap orang menerima radiasi alam setiap harinya. Sebagai bahan perbandingan , JIKA KITA RONTGEN DADA 1 KALI, MAKA RADIASI YANG KITA TERIMA SETARA DENGAN RADIASI DARI ALAM SELAMA 10 HARI .
Jadi bagaimana menurut sobat siloker..?? apakah betul berbahaya jika sering melakukan rontgent..?? Pliss coment yach...

5 Responses to "Bahaya Jika Sering Rontgent"

  1. 1 kali radiasi rontgent sama dengan 10 hari radiasi alam.
    Jadi kesimpulannya,, jarak waktu minimum saat rontgent pertama dan kedua adalah 10 hari...

    betul gak...MIn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ko kebanyakan orang bilang minimal 3bln sekali yach..??

      Hapus
    2. Iya... gosip2 nya sich begitu.... minimal dalam tiga bulan itu hanya boleh satu kali rontgen..

      Hapus
  2. Sy prnh dlm 2 buln d rontgen smpe 12X, bahaya gk sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik jika ditanyakan ke dokter yang berkaitan mas rijal...

      Dulu ketika saya lagi masa2 nya sering test, ketika rontgen pasti saya bertanya dulu sama dokter... "dok, sebelumnya pada tanggal ini... ini... ini.... saya sudah rontgent... ini yang ke sekian kali 6 bulan dok... apakah aman?"

      Dokternya jawab, aman dek...

      Hapus