Posting Date: 16 Mei 2012

Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara

Siloker - Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara. Kebayang kan.. betapa gembiranya ketika kita mendapatkan panggilan kerja, lolos tes ini itu, dan selanjutnya wawancara. Namun tak jarang saking gembiranya justru kita merasa gugup, hilang percaya diri, hilang konsentrasi, sikap, gerakan, dan bahasa tubuh kurang terkontrol, dan berakhir dengan kegagalan.. :-( sangat menyedihkan memang... hanya karena kurang mengontrol gerakan tubuh justru berdampak pada hilangnya kesempatan untuk bekerja... Untung aja anda membaca tips dan trik kerja dari siloker... hehe.. :) setidaknya dengan membaca postingan "Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara" ini bisa menambah wawasan dalam mencari lowongan kerja ...

Menurut penelitian, 30 detik hingga empat menit pertama merupakan waktu kritis yang sangat menentukan. Nah, agar tak salah langkah saat wawancara kerja, hindarilah beberapa gerak tubuh yang bisa mengundang penafsiran negatif pada diri Anda. Oke dech... terlalu banyak basa-basi yak...?? berikut Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara :

Senyum palsu
Masuklah ke ruangan wawancara dengan percaya diri dan senyum yang tulus. Senyum yang terpaksa akan sangat terlihat dan membuat Anda terlihat seperti orang yang suka berpura-pura. Senyum yang tulus mengesankan Anda orang yang percaya diri, terbuka, dan nyaman dengan keadaan sekitar. Tapi hindari juga tersenyum terus-menerus yang bisa memberikan sinyal yang salah pada calon atasan Anda.

Gerakan dan posisi tangan
Gerakan tangan memegang peranan penting dalam mengekspresikan bahasa tubuh Anda. Melipat tangan di dada merupakan bahasa tubuh yang wajib dihindari. Melipat tangan di dada mengesankan Anda menjaga jarak, bersikap tertutup, atau malah terkesan bosan dengan pembicaraan ini. Mungkin saran ini sudah sering Anda dengar, tapi kenyataannya saat sedang gugup masih banyak orang melakukannya.

Menepuk-nepukkan tangan atau terus menggerakkan tangan menandakan Anda sangat gelisah. Gerakan ini secara tidak langsung juga bisa membuat orang yang mewawancarai Anda menjadi tidak nyaman dan terganggu. Hindari juga mengetuk-ketukan tangan ke meja saat proses wawancara. Melakukan hal ini secara tidak langsung Anda mengirimkan sinyal kalau Anda bosan atau merasa lebih tahu dari si pewawancara.

Sebaiknya letakkan tangan Anda secara santai dan terbuka di posisi yang paling membuat Anda santai. Hindari terlalu banyak menggunakan gerakan tangan atau jari untuk menghindari kesan yang salah.

Jabatan tangan
Saat memulai dan mengakhiri wawancara jangan lupa jabat tangan si pewawancara dan ucapkan terimakasih. Jabat tangan dengan erat namun wajar. Jangan biarkan tangan terlalu lemas atau mencengkeram terlalu keras. Jika telapak tangan Anda berkeringat, seka dahulu keringat di tangan Anda sebelum masuk ke ruang wawancara.

Menyentuh wajah
Menyentuh wajah sebaiknya dihindari saat wawancara kerja. Gerakan ini dapat menyiratkan Anda gugup atau tidak jujur terhadap pernyataan Anda.

Posisi kaki
Duduklah dengan kedua kaki menyentuh lantai yang menggambarkan Anda nyaman dan percaya diri. Saat gugup atau cemas Anda sering tak membuat gerak tubuh secara tidak sadar. Salah satu yang paling sering ditemui adalah menggerak-gerakan kaki tanpa henti. Gerakan kaki ini menandakan Anda sangat tidak nyaman bahkan tak sabar ingin keluar dari ruangan.

Kontak mata & posisi duduk
Kontak mata dengan si pewawancara memang baik. Tapi terus-menerus menatap si pewawancara tanpa henti juga bisa membuat dia tidak nyaman. Ahli gerak tubuh Janine Driver mengatakan, 60 persen kontak mata sudah cukup membuat Anda terlihat antusias. Selain mata, fokuskan tatapan pada segitiga bagian atas wajah yaitu area sekitar alis kanan-kiri dan pertengahan hidung.

Tatapan muka
Jangan terlalu sering menatap bagian bawah wajah terutama bagian mulut dan dahi yang bisa membuat si pewawancara menjadi tidak nyaman. Jika pewawancara Anda lebih dari satu, tatap mereka secara bergantian. Hindari tatapan kosong yang membuat lawan bicara Anda kurang nyaman.

Posisi duduk
Duduklah dengan posisi yang nyaman, tidak terlalu tegak maupun tidak terlalu bersandar. Condongkan tubuh sedikit (sedikit saja) ke arah pewawancara untuk menandakan Anda fokus dan antusias.

Jika sobat siloker mengalami kesulitan ketika ingin menjawab beberapa pertanyaan wawancara kerja, siloker punya tipsnya nich.. cekidot: Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara / Interview




1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Posting Date: 13 Mei 2012

Lowongan Kerja

Siloker - Situs lowongan kerja terbaru paling banyak dikunjungi pencari lowongan kerja online. Info lowongan kerja yang selalu update setiap saat dan bisa di akses menggunakan internet. Siloker, situs lowongan kerja terkini yang selalu dicari. Berbagai kategori lowongan kerja tersedia, lowongan kerja berdasarkan latar belakang pendidikan, lowongan kerja berdasarkan loksai penempatan kerja, dan lowongan kerja berdsarkan jenis pekerjaan.

Terkadang kita merasa jenuh, bosan, dan capek mencari lowongan kerja namun tak kunjung membuahkan hasil. Rasa jenuh, bosan, dan capek tersebut setidaknya bisa di minimalisir tentunya dengan beberapa tips dari siloker. Silahkan baca Tips Kerja agar bekal dan wawasan anda dalam mencari lowongan kerja semakin matang.

Lowongan kerja cikarang. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah cikarang dan sekitarnya. Lowongan kerja operator produksi, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja cikarang.

Lowongan kerja bandung. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah bandung dan sekitarnya. Lowongan kerja staff administrasi, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja bandung.

Lowongan kerja bekasi. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah bekasi dan sekitarnya. Lowongan kerja engineering, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja bekasi.

Lowongan kerja bogor. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah bogor dan sekitarnya. Lowongan kerja accounting, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja bogor.

Lowongan kerja karawang. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah karawang dan sekitarnya. Lowongan kerja staff marketing, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja karawang.

Lowongan kerja jakarta. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah jakarta dan sekitarnya. Lowongan kerja recepcionist, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja jakarta.

Lowongan kerja semarang. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah semarang dan sekitarnya. Lowongan kerja operator produksi, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja semarang.

Lowongan kerja surabaya. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah surabaya dan sekitarnya. Lowongan kerja staff administrasi, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja surabaya.

Lowongan kerja tanggerang. Lowongan kerja untuk penempatan kerja daerah tanggerang dan sekitarnya. Lowongan kerja operator pelaksana, lowongan kerja lulusan SMU/SMK, lowongan kerja lulusan D3, lowongan kerja lulusan S1. Siloker menyediakan info lowongan kerja tanggerang.


1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Lowongan Kerja SPG Ice Cream Mei 2012

Siloker - Counter soft Ice cream membuka lowongan kerja bagi anda yang memiliki jenis kelamin wanita, lulusan SMP atau SMA/SMK sederajat, berusia 18 - 25 Th, belum menikah, berdomisili di Jababeka dan sekitarnya, memiliki sikap jujur, rajin, dan dapat dipercaya untuk ditempatkan di counnter soft ice cream kami di Giant Jababeka, Cikarang

Jika anda berminat dengan Lowongan Kerja SPG Ice Cream Mei 2012 diatas, silahkan hubungi :
Bp. SAM
(021) 9909-0955
Lowongan Kerja SPG Ice Cream




1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Posting Date: 11 Mei 2012

Lowongan Kerja PT.FONDA Mei 2012

Siloker - Lowongan Kerja PT. FONDA Mei 2012. PT. FONDA NUSA ADITAMA membuka lowongan kerja sebagai OPERATOR CNC dan QUALITY CONTROL ( QC ) ditempatkan di daerah Cikarang. Perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi besi ini sedang membutuhkan tenaga kerja dengan persyaratan sebagai berikut :

-Pendidikan Min SMA/SMK sederajat
-Jujur, disiplin, dan mau bekerja keras

Jika anda berminat dengan Lowongan Kerja PT. FONDA Mei 2012 diatas silahkan datang langsung dengan membawa surat lamaran ke Bagian Recruitment :

PT. FONDA NUSA ADITAMA
Jl. Jababeka II Blok C 12 C
Kws Industri Jababeka I

Berkas yang wajib dilampirkan:
-CV
-Surat keterangan lulus / Ijazah
-Transkrip Nilai
-SKCK
-Medical Chek Up
-Foto Copy KTP
-Pas Foto 4x6 2 lembar
Lowongan Kerja PT. FONDA

Lowongan Kerja PT. FONDA




1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email

Siloker - Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email. Rehat sejenak dari postingan info lowongan kerja terbaru, kali ini sloker ingin memberikan tips dan trik lowongan kerja, tentunya tips ini sangat berguna sekali bagi anda yang ingin mengirimkan surat lamaran kerja lewat email, atau memang syarat yang di tentukan oleh penyedia lowongan kerja adalah mengirim surat lowongan kerja hanya lewat email saja.

Dengan memanfaatkan email, sebenarnya kita sebagai pelamar kerja sangat diuntungkan sekali, begitu juga dengan perusahaan yang membuka lowongan kerja leweat email. Karena dengan memanfaatkan email semua proses akan menjadi lebih cepat, efisien, dan murah. Ya, mengirim surat lowongan kerja lewat email lebih cepat daripada dengan lewat pos. Dengan email, surat lamaran kerja akan sampai dalam hitungan detik, tapi jika dengan pos surat lamaran kerja anda akan sampai ke tempat tujuan bisa jadi paling cepat 3 hari! capek dech....Mengirim surat lamaran lewat email sangat efisien sekalli! tidak perlu kertas folio, amplop, prangko, prangko balasan, tidak perlu ke kantor pos, dan tidak perlu antri. Dan yang paling penting adalah mengirim surat lamaran kerja lewat email sangat murah...! Hanya butuh akses internet, akun email ( gratis ), dan scan berkas ( kalo gak punya scan baru dech ngeluarin duit.... tapi biaya scan tetap murah kok... gak sampai 2ribu, dan itu juga bisa digunakan bekali-kali)

Dibalik semua keuntungan dan kemudahan mengirim surat lamaran kerja lewat email diatas, tentunya tetap ada beberapa aturan main sehingga email surat lamaran kerja yang anda kirim bisa sampai tepat sasaran. Nah... berikut ini siloker kasih Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email:

1. Judul Email
Judul email Surat Lamaran Kerja haruslah bersifat informatif kepada penerimanya agar si penerima email bisa segera mengetahui maksut dan tujuan email Surat Lamaran Kerja yang anda kirim. Oleh karena itu, tuliskan judul yang jelas tetapi singkat. Contoh, pada judul / subject email tulislah dengan judul "Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".

Catatan : Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta anda menuliskan kode tertentu di judul atau subject email. Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan pekerjaan.

2. Dimana Surat Lamaran Ditulis
Apakah surat lamaran ditulis di badan email atau di file tersendiri. Sesuai ketentuan umum berbagai perusahaan yang bergerak di bidang recruiting baik perusahaan nasional maupun multinational. Bahwa surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

3. Bagaimana dengan Resume ?
Jangan menulis resume anda di badan email. Tuliskan dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran (attach) email anda.

4. Jenis File Attach yang Dikirim
Pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume anda dalam file MS Word (.doc).

5. Ukuran/Bobot (Size) Email
Usahakan ukuran email anda termasuk lampirannya (attach) tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh ukuran file yang di-attach (dilampirkan). Karena itu periksa besar file yang anda lampirkan. Jika anda diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar. Perkecil size-nya (bobot filenya) dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.

6. Dijadikan Satu dalam Bentuk ZIP
Bentuk file zip adalah bentuk file yang dimampatkan (dipadatkan) dan saat ini sudah umum dilakukan. Bahkan banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan (di attach) dijadikan satu dalam sebuah file zip. Sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar.

7. File Attach yang Terlalu Besar Akan Diabaikan
Dapat anda bayangkan sendiri, bila anda menerima kiriman file di email yang size-nya besar, misalkan sampai lebih dari 1 MB.
Tentunya anda malas untuk membukanya (men-download-nya). Demikian juga dengan perusahaan yang menerima email lamaran kerja anda.
Bila file attach-nya terlalu besar, otomatis perusahaan tersebut akan malas untuk membuka/mendowload file kiriman anda. Dengan kata lain anda telah gagal hanya di masalah pengiriman email saja. Jadi ikutilah tips nomor 5 di atas.

8. Lakukan Uji Coba Pengiriman Email
Untuk surat lamaran yang dikirim lewat email, selain melakukan proof read, anda juga perlu melakukan uji coba pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran anda, lengkap dengan attachment-nya ke alamat email anda yang lainnya. Tentunya jangan kirimkan email percobaan tersebut ke email perusahaan yang anda tuju.

Dengan melakukan uji coba terlebih dulu, maka anda dapat melihat sendiri hasil pengiriman email anda tersebut. Untuk kemudian dilakukan perbaikan-perbaikan bila diperlukan. Uji coba pengiriman email ini SANGAT DIPERLUKAN. Karena sering kali format email yang anda kirim berubah setelah sampai di alamat email lain. Misalkan mengirimkan email dari Yahoo ke Gmail, atau sebaliknya.

Demikian Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja Lewat Email yang dapat siloker bagikan, Semoga bisa membantu anda dalam menulis dan mengirim surat lamaran kerja lewat email. Salam suskes.....

Lanjutkan lagi tips kerja berikutnya: Contoh Pertanyaan Wawancara


1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Posting Date: 4 Mei 2012

Contoh Pertanyaan Wawancara

Siloker - Contoh Pertanyaan Wawancara. Melanjutkan beberapa Tips Dan Trik Lowongan Kerja seputar wawancara kerja yang di posting siloker beberapa hari yang lalu, kali ini siloker ingin share Contoh Pertanyaan Wawancara. Terkadang ketika sambil menunggu di panggil wawancara kerja, biasanya para peserta tes wawancara selalu bertanya-tanya dalam hatinya, seperti apa sich pertanyaan yang akan diberikan oleh petugas wawancara nanti? Kira-kira apa saja yang di tanyakan oleh petugas wawancara nanti? Kira-kira pertanyaan yang diajaukan oleh petugas wawancara sulit apa gak ya..???? Hadew...... daripada bingung.... mending baca Contoh Pertanyaan Wawancara di bawah ini. Mungkin setiap petugas wawancara yang satu dengan yang lainya akan berbeda perihal pertanyaan yang diajukan, namun yanga di share siloker kali ini merupakan Contoh Pertanyaan Wawancara secara umum / garis besar, adapun perbedaan tidak akan jauh menyimpang dari Contoh Pertanyaan Wawancara di bawah ini. Oya, anda juga bisa baca dulu Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara yang siloker posting kemarin. Oke dech... berikut Contoh Pertanyaan Wawancara secara umum dalam proses wawancara kerja :

1. Motivasi

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek motivasi antara lain :
Mengapa anda memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan ini ?
Apa yang membuat anda menjadi tertarik dengan perusahaan ini ?
Tanggung jawab apa yang anda anggap penting dalam pekerjaan ?
Tantangan apa yang anda cari dalam pekerjaan ?
Sebutkan dua hal yang memotivasi anda dalam bekerja.
Apa yang dapat memotivasi anda dalam kehidupan pribadi anda ?
Apa yang dapat memotivasi anda dalam menyelesaikan tugas yang sulit ?
Apa yang dapat memotivasi anda agar menjadi sukses dalam pekerjaan ?
Apa alasan anda keluar dari perusahaan sebelumnya ?
Apa yang membuat anda keluar dari perusahaan sebelumnya ?
Selama perjalanan karir anda, posisi mana yang paling anda sukai ?
Mengapa anda ingin mengubah karir ? (bila yang bersangkutan berpindah profesi/karir)
Apa arti bekerja bagi anda ?

2. Ketahanan Terhadap Tekanan (Stres)

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek ketahanan terhadap tekanan/stres antara lain :
Apakah anda dapat bekerja di bawah tekanan ?
Pernahkan anda bekerja di bawah tekanan ? Ceritakan bagaimana anda menyikapinya?
Dalam lingkungan kerja seperti apa anda merasa nyaman ? (Terstruktur atau tidak ?)
Seandainya ada konsumen yang marah karena hal yang bukan dilakukan anda, bagaimana anda menyikapinya ?
Bagaimana anda menyikapi kritik yang diberikan kepada anda ?
Seandainya anda mendapatkan pekerjaan yang tidak anda harapkan, apa yang akan anda lakukan ?
Apa yang anda anggap sebagai hal yang berat untuk dilakukan dalam pekerjaan ?
Seandainya anda dihadapkan dengan dua tugas yang harus diselesaikan pada saat yang bersamaan, apa yang akan anda lakukan ?
Masalah terbesar apa yang pernah anda hadapi ? Bagaimana anda mengatasinya ?

3. Inisiatif

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek inisiatif antara lain :
Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ? Dan darimana serta bagaimana anda mengetahuinya ?
Kriteria apa yang anda gunakan untuk mengevaluasi perusahaan yang anda harapkan menjadi tempat kerja anda ?
Ceritakan mengenai pendidikan dan pelatihan yang pernah anda ikuti.
Bagaimana anda mendapatkan pekerjaan selama ini ? (Apakah melalui iklan, referensi, dsb) - untuk yang sudah pernah bekerja.

4. Sikap kerja

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek sikap kerja antara lain :
Seandainya anda ditempatkan di cabang perusahaan yang jauh dari lokasi anda, bagaimana anda menyikapinya ?
Seandainya ada pengalihan tanggung jawab pada pekerjaan yang anda pegang, bagaimana anda menyikapinya ?
Ceritakan mengenai pengalaman kerja anda. (untuk yang sudah bekerja)
Apa tanggung jawab anda pada posisi tersebut ? (untuk yang sudah bekerja)

5. Kepercayaan Diri

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kepercayaan diri antara lain :
Menurut anda, apa definisi/arti kesuksesan ? Dan seberapa besar pengaruhnya bagi anda ?
Menurut anda, apa definisi/arti kegagalan ? Dan seberapa besar pengaruhnya bagi anda ?
Jelaskan ukuran/standar kesuksesan bagi anda.
Pekerjaan apa yang telah anda selesaikan dengan sukses ?
Apa peran anda dalam kesuksesan tersebut ?
Bagaimana anda memandang diri sendiri saat ini ? Apakah sudah sukses ?

6. Kemampuan Berpikir Analitis

Termasuk di dalam kemampuan berpikir analitis adalah "Kemampuan Memecahkan Masalah" (problem solving) dan "Kemampuan Membuat Keputusan" (decision making).

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kemampuan berpikir analitis antara lain :
Masalah tersulit apa yang pernah anda alami ? Apa yang anda lakukan ? Bagaimana penyelesaiannya ?
Hambatan atau kendala apa yang ditemukan selama kuliah atau belajar ? Bagaimana cara mengatasinya ?
Ceritakan mengenai persoalan yang pernah anda pecahkan.
Ceritakan situasi dimana anda pernah memiliki masalah dengan pengambilan keputusan.
Ceritakan dimana anda harus membuat suatu keputusan.
Ceritakan bagaimana anda pernah memecahkan masalah yang sulit.
Ceritakan mengenai permasalahan yang paling sering anda hadapi dalam pekerjaan.
Apakah anda pernah menyelesaikan suatu permasalahan bersama-sama rekan ? Apa peran anda dalam menyelesaikan masalah tersebut ?
Apakah anda pernah diminta untuk menyelesaikan beberapa tugas dalam suatu waktu ? Apa yang anda lakukan ?
Bagaimana anda menyelesaikan suatu permasalahan yang muncul tiba-tiba ?
Bagaimana anda mengidentifikasikan kedatangan suatu masalah ?
Bagaimana anda membuat suatu keputusan penting ?
Bagaimana anda memecahkan masalah ?
Dalam situasi atau kondisi seperti apa, anda memiliki kemungkinan paling besar untuk berbuat kesalahan ?
Keputusan apa yang terasa sulit bagi anda ? Berikan Contohnya !
Menurut anda, faktor apa yang paling menentukan suksesnya seseorang ?
Apa yang anda lakukan saat dihadapkan dengan pengambilan keputusan yang penting ?
Apa yang anda lakukan saat kesulitan atau tidak dapat memecahkan persoalan yang anda hadapi ?
Keputusan tersulit apa yang telah anda buat selama tiga tahun terakhir ?
Kapan anda memutuskan untuk berhenti berusaha memecahkan suatu persoalan yang sulit ?

7. Kemampuan Pencapaian Keberhasilan (Achievement)

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kemampuan pencapaian keberhasilan antara lain :
Apakah anda senang mengerjakan pekerjaan/proyek yang sulit ?
Apakah anda mempunyai prestasi yang dibanggakan ? Ceritakan !
Apakah anda memiliki inisiatif ? Bagaimana anda menunjukkan hal tersebut ? Ceritakan satu contoh inisiatif yang telah anda ambil.
Apakah anda pernah menyelesaikan persoalan yang sulit ? Atau yang sebelumnya anda pikir tidak dapat anda selesaikan ?
Bagaimana anda menunjukkan keinginan (willingness) untuk bekerja ?
Sebutkan prestasi yang pernah anda capai dalam pekerjaan atau masa kuliah/sekolah !
Sebutkan lima pencapaian terbesar dalam hidup anda !
Apa kegagalan terbesar yang pernah anda alami ? Kekecewaan apa yang anda alami ?
Bagaimana anda mengatasi perasaan tersebut ? Dan mengatasi kegagalan tersebut ?
Hal atau lingkungan seperti apa yang paling mendorong anda dalam bekerja ?
Menurut anda, apa tantangan terbesar dalam pekerjaan ?
Sebutkan bagian dari pekerjaan yang paling menantang dan yang paling tidak menantang.
Apakah anda termasuk orang yang berani dalam mengambil risiko ?
Berdasarkan pengalaman anda, ceritakan secara rinci dalam hal apa anda mengambil risiko untuk menyelesaikan suatu tugas ?
Mengapa anda mengambil risiko tersebut ?
Risiko apa yang anda hadapi saat mengajukan suatu usulan ?
Prestasi apa yang pernah anda dapatkan di sekolah yang tidak dapat anda lupakan ?
Prestasi apa yang pernah anda capai dalam bekerja yang mendapatkan penghargaan dari pimpinan atau perusahaan ? (baik penghargaan lisan ataupun penghargaan tertulis atau materi).

8. Aspirasi Diri

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek aspirasi diri antara lain :
Mata kuliah (mata pelajaran) apa yang paling anda senangi ? Mata kuliah (mata pelajaran) apa yang paling anda tidak senangi ? Kenapa ?
Apa cita-cita anda ketika lulus sekolah ? Ketika lulus kuliah ?
Apakah anda berniat melanjutkan sekolah ? Berniat melanjutkan kuliah ?
Menurut anda, apakah nilai anda merupakan indikasi terbaik untuk hasil akademik anda ?
Kenapa kami harus memilih anda ?
Bisakah anda menyebutkan lima kelebihan dan lima kekurangan anda ?
Bagaimana pendapat anda mengenai perusahaan ini ?

9. Kelemahan Diri

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kelemahan diri antara lain :
Apakah anda telah mencapai semua target yang telah anda tetapkan ? Bila tidak, mengapa ?
Bagaimana anda mengatasi kegagalan dalam pencapaian target tersebut ?
Kelemahan apa yang muncul saat anda dihadapkan pada tugas yang sulit ?

10. Sosialisasi

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek sosialisasi antara lain :
Ceritakan kegiatan anda di waktu senggang.
Kegiatan apa yang anda ikuti di lingkungan anda ?
Seandainya anda menjadi anggota suatu organisasi, maka kegiatan apa dan peran apa yang akan anda lakukan dalam organisasi tersebut ?
Selain belajar, kegiatan apa saja yang anda ikuti saat masih kuliah atau sekolah ? Posisi apa yang anda pegang ?

11. Kemandirian

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kemandirian antara lain :
Ceritakan keputusan-keputusan penting dalam hidup anda, yang anda anggap sebagai keputusan anda sendiri. Juga ceritakan keputusan penting yang anda anggap bukan keputusan anda sendiri.
Mengapa anda memilih jurusan .... ?
Dalam pengambilan suatu keputusan, siapa yang berpengaruh dalam diri anda ?
Dalam hal-hal apa saja orang-orang tersebut anda sertakan ?

12. Kepemimpinan

Contoh Pertanyaan Wawancara yang dapat menggali aspek kepemimpinan antara lain :
Sebutkan kepribadian yang anda miliki yang mencerminkan kemampuan memimpin.
Menurut anda, kualitas apa yang dibutuhkan seorang pemimpin ?
Apa yang paling menjadi tantangan bagi seorang pemimpin ?
Bagaimana cara anda mendelegasikan suatu tanggung jawab ?
Apakah anda membutuhka pengawas dalam bekerja ?
Bagaimana cara anda membuat suatu rencana kerja ?
Bagaimana cara anda memberikan teguran atau mendisiplinkan bawahan anda ?
Seandainya ada bawahan anda yang melanggar aturan perusahaan, bagaimana anda menghadapinya ?
Atasan seperti apa yang anda harapkan ?
Seandainya anda kelebihan beban kerja, apa yang akan anda lakukan ?
Bagaimana cara anda untuk memotivasi sesorang ?
Atasan seperti apa yang menurut anda sulit untuk diajak kerja sama ?
Bawahan seperti apa yang menurut anda sulit untuk diajak kerja sama ?
Atasan seperti apa yang menurut anda tidak adil ?
Seandainya anda membuat suatu kebijakan, kemudian bawahan anda banyak yang menentangnya, bagaimana anda mengatasinya ?

Dengan adanya Contoh Pertanyaan Wawancara di atas, siloker berharap anda bisa mempersiapkan jawaban sebaik mungkin atas pertanyaan yang diajukan oleh petugas wawancara nanti....Akhir kata selamat menempuh tes wawancara, semoga sukses...

Lanjut ke tips kerja selanjutnya lagi, yaitu Tips Menghadapi Wawancara


1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Posting Date: 3 Mei 2012

Tips Menghadapi Wawancara

Siloker - Tips Menghadapi Wawancara. Detik2 paling menegangkan adalah ketika menghadapi wawancara, justru dalam keadaan seperti ini anda harus dituntut untuk tetap rileks, tenang, tidak gagap, dan santai. Meski demikian, telinga dan mata harus tetap siap siaga ketika menghadapi wawancara, jangan sampai petugas wawancara bertanya dua kali karena anda tidak mendengar pertanyaan yang diajukan. Bisa saja petugas wawancara menyimpulkan bahwa anda orangnya tidak serius.

Nah.. kali ini siloker ingin memberikan tips mennghadapi wawancara bagi anda yang dipanggil untuk menjalani tes wawancara kerja, Silahkan simak Tips Menghadapi Wawancara berikut: ( setelah test wawancara / interview jika anda lolos nanti akan dilanjutkan ke tahapan tes yang terakhir, yaitu tes kesehatan / medical check up. Silahkan baca tips kerja siloker berikutnya yaitu Tips Menghadapi Tes Kesehatan )

Pastikan anda sudah tahu tempat wawancara. Dengan mengetahui tempat wawancara terlebih dahulu, istilahnya sebelum berperang anda sudah mengetahui medan perang. Hal ini akan menambah rasa percaya diri, selain itu anda bisa datang 15 menit lebih awal tanpa bertanya kesana kemari untuk menanyakan alamat tempat wawancara. Dengan waktu jeda tersebut bisa anda pergunakan untuk mempersiapkan diri.

Sebelum proses wawancara, jauh-jauh hari biasanya anda diberitahu jenis pakaian apa yang diperbolehkan ketika menghadapi wawancara nanti, tetapi jika tidak ada pemberitahuan apa-apa maka gunakan pakaian yang bersifat formal, bersih dan rapi. Untuk tips berpakaian ketika wawancara silahkan baca Tips Berpakaian Ketika Wawancara Kerja

Baca dan teliti kembali surat lamaran, CV, dan surat panggilan wawancara kerja. Pastikan semua data yang anda tulis sesuia dengan kenyataan. Jangan lupa untuk membawa surat-surat atau dokumen-dokumen tersebut serta peralatan tulis saat wawancara.

Agar anda lebih siap dalam menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan petugas wawancara, sebaiknya anda berlatih bersama rekan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan petugas wawancara, sehingga pertanyaan apa pun yang diajukan dapat dijawab dengan memuaskan. Beberaapa hari yang lalu siloker juga sudah mengulas Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara / Interview silahkan dibaca kembali.

Sebelum berangkat ke tempat wawancara, berdoalah terlebih dulu sesuai keyakinan anda. Hal ini penting dilakukan agar anda memiliki ketenangan batin serta percaya diri.

Usahakan untuk tiba limabelas menit lebih awal, jika terpaksa terlambat karena ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan ( petugas wawancara ). Saran dari siloker, biar bagaiamanapun kondisi perjalanan anda, usahakan jangan sampai terlambat, karena bisa saja petugas wawancara menganggap anda "gagal" mengikuti tes wawancara.

  • Ucapkan salam (selamat pagi/siang/sore) kepada petugas wawancara dan jika harus berjabat-tangan, jabatlah dengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas).
  • Setelah masuk ke ruangan wawancara, anda jangan langsung duduk! tetaplah berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak dan seimbang.
  • Ingat dengan baik nama petugas wawancara, lakukan kontak mata dengan petugas wawancara dan tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan.
  • Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan.
  • Jawablah pertanyaan dari petugas wawancara dengan bahasa formal kecuali anda diwawancarai untuk mampu menggunakan bahasa tersebut.
  • Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi dan hal-hal positif yang pernah anda raih namun jangan terkesan sombong atau takabur. Banyak yang gagal ketika menghadapi tes wawancara hanya lantaran terkesan sombong, takabur, atau sok tahu.
  • Tunjukkan apa yang bisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda.
  • Jawablah pertanyaan yang diajukan oleh petugas wawancara denga jelas dan detail dengan suara yang cukup jelas ( tidak pelan dan tidak terlalu keras )
  • Jika anda diberikan kesempatan untuk bertanya, ajukan beberapa pertanyaan bermutu seputar pekerjaan yang anda lamar dan tentang perusahaan yang anda lamar.
  • Akhiri wawancara dengan menanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya dan capkan banyak terima kasih kepada petugas wawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda.
Kira-kira begitulah beberapa Tips Menghadapi Wawancara yang dapat siloker sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.... akhir kata selamat menghadapi tes wawancara...

Ingat sob... gerak-gerik kalian ketika wawancara juga dinilai loh.. berikut ini tips nya: Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara


1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...

Posting Date: 2 Mei 2012

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Interview

Siloker - Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara / Interview. Menyambung tips dan trik lowongan kerja kemarin yang berjudul Tips Berpakaian Ketika Wawancara Kerja, kali ini siloker akan melanjutkan tips yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan tes wawancara / interview. Namanya juga tes wawancara / interview, pastinya akan ada beberapa pertanyaan yanag akan di ajukan oleh petugas wawancara kepada anda.

Tujuan dari tes wawancara adalah memperoleh sejumlah informasi penting yang dibutuhkan untuk mengukur aspek perilaku tertentu, bisa juga untuk mengklarifikasi ataupun mengkonfirmasi data yang sudah diperoleh, misalnya hal-hal yang tercantum dalam riwayat hidup. Pertanyaan yang diberikan ketika proses wawancara pun terkadang bersifat menjebak, oleh karena itu peserta tes wawancara harus lebih hati-hati untuk menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Berikut ada beberapa Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara / Interview yang bisa anda praktekan :

1. Beritahukan kami tentang diri Anda?
Ini merupakan pertanyaan pertama kali yang sering di berikan oleh petugas wawancara kepada peserta wawancara, jawablah dengan jelas dan jangan terlalu panjang. Berikan jawaban yang mewakili empat subjek berikut: tahun-tahun terakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir terakhir.


2. Apa yang Anda ketahui tentang kami?
Harapan petugas wawancara adalah agar anda mampu mendiskusikan semua hal yang berkaitan dengan perusahaan tempat dimana anda melamar kerja. Berikan jawaban yang mengisyaaratkan pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minat Anda terhadap hal tersebut.

3. Apa yang dapat Anda berikan pada kami (yang orang lain tidak bisa beri)?
Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang Anda telah capai. Sebutkan kemampuan dan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-hal itu. Sebutkan kemampuan Anda menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan memecahkan masalah

4. Apa yang paling menarik menurut Anda dari pekerjaan ini? Dan apa yang paling tidak menarik?
Berikan prosentase jawaban paling menarik yang lebih besar ketimbang yang paling tidak menarik. Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik dari pekerjaan yang anda lamar dan satu hal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.


5. Mengapa kami harus merekrut Anda?
Pertanyaan ini sama seperti pertanyaan nomor tiga, sebutkan saja kemampuan-kemampuan Anda yang mampu mendukung perusahaan tersebut, jangan berlebihan dalam penyampaian kelebihan atau kemampuan anda, karena akan terkesan menyombongkan diri.

6. Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?
Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yang mempersoalkan kestabilan keuangan pribadi, contoh: saya ingin bekerja karena sudah tidak punya uang, orang tua saya banyak hutang, dll.

7. Menurut Anda, apa definisi dari posisi yang Anda inginkan?
Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban. Pastikan Anda mengerti posisi tersebut sebelum Anda hendak menjawab.

8. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagi kami?
Beri jawaban yang realistik. Beritahukan petugas wawancara bahwa anda akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

9. Berapa lama Anda akan bersama kami?
Beritahukan pewawancara bahwa Anda tertarik berkarir bersama perusahaan tersebut.

10. Dari resume Anda, kami rasa Anda terlalu berpengalaman untuk posisi ini. Bagaimana pendapat Anda?
Ini pertanyaan jebakan. Anda diharapkan untuk tetap rendah hati namun percaya diri dengan kemampuan Anda. Cara terbaik menanganinya adalah menjawab bahwa Anda butuh belajar banyak hal baru terutama berkaitan dengan pekerjaan baru yang anda lamar.

11. Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda yang sebelumnya?
Anda sebaiknya menjawab pertanyaan ini dengan jujur namun singkat dan jelas termasuk jika hal tersebut karena Anda dipecat. Namun yang perlu diperhatikan, Anda sebaiknya jangan menyebutkan konflik pribadi. Perlu Anda perhitungkan bahwa pewawancara mungkin akan bertanya banyak soal masalah ini, jangan sampai Anda terbawa emosi, contoh: saya punya masalah kepada atasan / sesama teman gara2 pacar.

12. Apa yang Anda rasakan ketika harus meninggalkan pekerjaan Anda?
Beritahu pewawancara bahwa Anda merasa khawatir namun jangan terkesan panik. Katakan bahwa Anda siap menerima segala resiko demi mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Jangan menunjukan bahwa Anda lebih mementingkan kestabilan keuangan, contoh: kerja di perusahaan sebelumnya gajinya sangat kurang untuk memenuhinkebutuhan hidup.

13. Pada pekerjaan Anda sebelumnya, apa yang berkenan dengan Anda? Dan apa yang tidak berkenan?
Berhati-hatilah dalam menjawab pertanyaan ini dan kemukakan hal-hal positif. Deskripsikan lebih banyak hal yang Anda sukai daripada yang Anda tidak sukai. Jangan menyebutkan masalah pribadi. Jika Anda membuat pekerjaan sebelumnya terkesan buruk, pewawancara akan bertanya-tanya mengapa Anda berada disana. Hal ini jelas mengurangi profesionalisme Anda. Contoh jawaban yang tidak diperkenankan adalah: di perusahaan sebelumnya fasilitasnya sangat buruk, menu kateringnya membosankan lagi!

14. Apa pendapat Anda tentang bos Anda sebelumnya?
Ini juga pertanyaan yang harus Anda jawab dengan hati-hati. Sebisa mungkin jawablah pertanyaan ini dengan positif karena calon bos Anda akan merasa Anda akan membicarakan hal-hal tentang dia seperti apa yang telah Anda lakukan terhadap bos yang terdahulu.

15. Mengapa Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di usia Anda?
Lagi-lagi ini bisa menjadi pertanyaan jebakan. Beritahukan pewawancara bahwa inilah alasan Anda mencari lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan bersikap defensif.

16. Berapa gaji yang Anda minta?
Ini pertanyaan yang menggiurkan, namun pastikan Anda menyebutkan angka kisaran yang Anda yakin merupakan gaji yang pantas atau bertanya pada pewawancara berapa kisaran pada pekerjaan sejenis. Jika Anda diberi pertanyaan ini dari awal wawancara, sebaiknya Anda mengelaknya dengan mengatakan Anda ingin tahu seberapa banyak tanggung jawab yang akan Anda pegang di perusahaan tersebut. Tekankan bahwa Anda lebih mementingkan pekerjaannya namun jangan menjual standar Anda. Contoh jawaban umumnya adalah: Biarkan perusahaan yang menilai seberapa pantas gaji yang saya dapatkan.

17. Apa target jangka panjang Anda?
Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda lagi-lagi diharuskan meneliti perusahaan tersebut dan mengetahui rencana dan/atau target mereka lalu memberikan jawaban yang singkron dengan milik perusahaan. Contoh jawaban yang umum adalah : Saya ingin menjadi yang terbaik dalam karir pekerjaan saya.

18. Seberapa sukses yang Anda rasa telah capai?
Berikan jawaban yang positif dan percaya diri, namun jangan memberikan jawaban yang berlebih. Jangan membuat pewawancara merasa Anda seorang yang suka membesar-besarkan sesuatu.


1. Lowongan Kerja PT ASTRA DAIHATSU MOTOR di bagian operator produksi...
2. Lowongan Kerja PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia operator produksi...
3. Lowongan Kerja PT Yamaha Music Cibitung, untuk posisi operator produksi...
4. PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan kebandar udaraan yang berada di...
5. PT Keihin Indonesia membuka lowongan kerja terbaru untuk operator produksi...
6. PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia membuka lowongan kerja untuk...