Tips Menghadapi Wawancara

Siloker - Tips Menghadapi Wawancara. Detik2 paling menegangkan adalah ketika menghadapi wawancara, justru dalam keadaan seperti ini anda harus dituntut untuk tetap rileks, tenang, tidak gagap, dan santai. Meski demikian, telinga dan mata harus tetap siap siaga ketika menghadapi wawancara, jangan sampai petugas wawancara bertanya dua kali karena anda tidak mendengar pertanyaan yang diajukan. Bisa saja petugas wawancara menyimpulkan bahwa anda orangnya tidak serius.

Nah.. kali ini siloker ingin memberikan tips mennghadapi wawancara bagi anda yang dipanggil untuk menjalani tes wawancara kerja, Silahkan simak Tips Menghadapi Wawancara berikut: ( setelah test wawancara / interview jika anda lolos nanti akan dilanjutkan ke tahapan tes yang terakhir, yaitu tes kesehatan / medical check up. Silahkan baca tips kerja siloker berikutnya yaitu Tips Menghadapi Tes Kesehatan )

Pastikan anda sudah tahu tempat wawancara. Dengan mengetahui tempat wawancara terlebih dahulu, istilahnya sebelum berperang anda sudah mengetahui medan perang. Hal ini akan menambah rasa percaya diri, selain itu anda bisa datang 15 menit lebih awal tanpa bertanya kesana kemari untuk menanyakan alamat tempat wawancara. Dengan waktu jeda tersebut bisa anda pergunakan untuk mempersiapkan diri.

Sebelum proses wawancara, jauh-jauh hari biasanya anda diberitahu jenis pakaian apa yang diperbolehkan ketika menghadapi wawancara nanti, tetapi jika tidak ada pemberitahuan apa-apa maka gunakan pakaian yang bersifat formal, bersih dan rapi. Untuk tips berpakaian ketika wawancara silahkan baca Tips Berpakaian Ketika Wawancara Kerja

Baca dan teliti kembali surat lamaran, CV, dan surat panggilan wawancara kerja. Pastikan semua data yang anda tulis sesuia dengan kenyataan. Jangan lupa untuk membawa surat-surat atau dokumen-dokumen tersebut serta peralatan tulis saat wawancara.

Agar anda lebih siap dalam menjawab berbagai pertanyaan yang mungkin diajukan petugas wawancara, sebaiknya anda berlatih bersama rekan untuk mengantisipasi semua kemungkinan pertanyaan yang akan dilontarkan petugas wawancara, sehingga pertanyaan apa pun yang diajukan dapat dijawab dengan memuaskan. Beberaapa hari yang lalu siloker juga sudah mengulas Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara / Interview silahkan dibaca kembali.

Sebelum berangkat ke tempat wawancara, berdoalah terlebih dulu sesuai keyakinan anda. Hal ini penting dilakukan agar anda memiliki ketenangan batin serta percaya diri.

Usahakan untuk tiba limabelas menit lebih awal, jika terpaksa terlambat karena ada gangguan di perjalanan segera beritahu perusahaan ( petugas wawancara ). Saran dari siloker, biar bagaiamanapun kondisi perjalanan anda, usahakan jangan sampai terlambat, karena bisa saja petugas wawancara menganggap anda "gagal" mengikuti tes wawancara.

  • Ucapkan salam (selamat pagi/siang/sore) kepada petugas wawancara dan jika harus berjabat-tangan, jabatlah dengan erat (tidak terlalu keras namun tidak lemas).
  • Setelah masuk ke ruangan wawancara, anda jangan langsung duduk! tetaplah berdiri sampai anda dipersilakan untuk duduk. Duduk dengan posisi yang tegak dan seimbang.
  • Ingat dengan baik nama petugas wawancara, lakukan kontak mata dengan petugas wawancara dan tetap fokus pada pertanyaan yang diajukan.
  • Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan anda pada jabatan yang dilamar dan pada perusahaan.
  • Jawablah pertanyaan dari petugas wawancara dengan bahasa formal kecuali anda diwawancarai untuk mampu menggunakan bahasa tersebut.
  • Tunjukkan energi dan rasa percaya diri yang tinggi dan hal-hal positif yang pernah anda raih namun jangan terkesan sombong atau takabur. Banyak yang gagal ketika menghadapi tes wawancara hanya lantaran terkesan sombong, takabur, atau sok tahu.
  • Tunjukkan apa yang bisa anda perbuat untuk perusahaan bukan apa yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada anda.
  • Jawablah pertanyaan yang diajukan oleh petugas wawancara denga jelas dan detail dengan suara yang cukup jelas ( tidak pelan dan tidak terlalu keras )
  • Jika anda diberikan kesempatan untuk bertanya, ajukan beberapa pertanyaan bermutu seputar pekerjaan yang anda lamar dan tentang perusahaan yang anda lamar.
  • Akhiri wawancara dengan menanyakan apa yang harus anda lakukan selanjutnya dan capkan banyak terima kasih kepada petugas wawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda.
Kira-kira begitulah beberapa Tips Menghadapi Wawancara yang dapat siloker sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.... akhir kata selamat menghadapi tes wawancara...

Ingat sob... gerak-gerik kalian ketika wawancara juga dinilai loh.. berikut ini tips nya: Gerakan Tubuh Yang Dilarang Ketika Wawancara